Rifa, Khoirunisa (2016) PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN ISTILAH BAHASA INGGRIS DAN OPERASI DASAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Rifa Khoirunisa 08520244044.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN ISTILAH BAHASA INGGRIS DAN OPERASI DASAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 WATES Oleh Rifa Khoirunisa NIM 08520244044 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman istilah Bahasa Inggris dan operasi dasar matematika terhadap kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI SMA N 2 Wates, 2) mengetahui variabel yang lebih berpengaruh diantara kemampuan pemahaman istilah Bahasa Inggris dan kemampuan pemahaman operasi dasar matematika terhadap kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI SMA N 2 Wates. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi atau semua siswa SMA Negeri 2 Wates kelas XI dengan jumlah 119 siswa. Objek penelitian ini berupa kemampuan pemahaman istilah Bahasa Inggris, kemampuan pemahaman operasi dasar matematika, kemampuan belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, lineritas, uji multikolinieritas dan analisis regresi berganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi berganda dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, uji F untuk menentukan tingkat signifikansi korelasi berganda, perhitungan sumbangan relatif yang digunakan untuk mengetahui besarnya sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dan juga perhitungan sumbangan efektif untuk mengetahui besarnya sumbangan relatif tiap variabel dari keseluruhan populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman istilah Bahasa Inggris dan operasi dasar Matematika memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Setelah melakukan regresi berganda untuk menguji Bahasa Inggris (X1) dan Matematika (X2) terhadap kemampuan belajar TIK (Y) diperoleh nilai Y= 0,295 X1 + 0,139 X2 + 70,367. Pengaruh kemampuan pemahaman istilah Bahasa Inggris lebih besar dibandingkan dengan kemampuan pemahaman operasi dasar matematika terhadap kemampuan belajar Teknlogi Informasi dan Komunikasi. Kata Kunci : bahasa inggris, matematika, teknologi informasi dan komunikasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 24 May 2016 01:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |