PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERCETAK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Haryadi, Sugeng (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERCETAK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SUGENG HARYA 11518241018.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERCETAK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Disusun Oleh: Sugeng Haryadi 11518241018 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menyusun modul pembelajaran berbasis masalah untuk mata pelajaran Gambar Teknik dan (2) mengetahui kelayakaan modul pembelajaran berbasis masalah untuk mata pelajaran Gambar Teknik pada Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian adalah siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Objek dalam penelitian adalah modul mata pelajaran Gambar Teknik. Proses penelitian ini menyesuaikan pada model Borg and Gall (2007), penelitian hanya sampai uji kelayakan. Instrumen yang diambil dalam proses pengembangan bahan ajar tercetak berupa lembar angket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian kuantitatif merupakan metode analisis deskriptif. Skala Likert dengan empat variasi jawaban merupakan skala yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar tercetak untuk siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ditinjau dari aspek penyajian, penggunaan media dan materi adalah layak digunakan. Hal ini didasarkan pada penilaian dari ahli materi mendapatkan kategori 100% “Sangat Layak” sedangkan dari ahli media mendapatkan kategori “Layak” dengan distribusi frekuensi 78%. Dari sisi pengguna modul ada 2 grup sebagai berikut (1) Small Group Test mendapatkan kategori “Layak” nilai rata-rata 93 dengan distribusi frekuensi 77,5% dan (2) Big Group Test dalam proses tersebut diperoleh kategori “Layak” nilai rata-rata 87 dengan distribusi frekuensi 72,5% dari 34 siswa. Kata kunci: bahan ajar, modul, gambar teknik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33166

Actions (login required)

View Item View Item