FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM PROSES BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Ridwan, Danur Frehassangka (2006) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM PROSES BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ridwan Danur 08520241027.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM PROSES BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh: Ridwan Danur Frehassangka 08520241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor dari dalam diri dan luar diri siswa yang menghambat siswa bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan dalam proses belajar mata pelajaran jaringan komputer SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan angket dengan skala likert sebagai alat pengumpul data. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI program keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang berjumlah 74 siswa. Uji Validasi dengan mengkonsultasikan dengan ahli kemudian dilakukan uji validitas dengan teknik korelasi product moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada pada presentase 8,1% menyatakan sangat tinggi, 21,6% menyatakan tinggi, 44,6% menyatakan sedang, 20,3% menyatakan rendah, 5,4% menyatakan sangat rendah. Secara keseluruhan faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada pada kategori sedang. Untuk faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada pada presentase 4% menyatakan sangat tinggi, 25,7% menyatakan tinggi, 41,9% menyatakan sedang, 18,9% menyatakan rendah, 9,5% menyatakan sangat rendah. Secara keseluruhan faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada pada kategori sedang Dari hasil yang sudah diperoleh dapat memberikan gambaran bahwa baik faktor penghambat belajar dari dalam maupun dari luar diri siswa kurang begitu menghambat dalam proses belajar siswa ini menunjukan bahwa faktor fisik, psikologis, maupun faktor sekolah, keluarga, dan masyarakat kurang begitu menghambat bagi siswa dalam belajar jaringan komputer. Kata kunci: faktor-faktor penghambat, teknik komputer jaringan, jaringan komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 May 2016 00:55
Last Modified: 24 May 2016 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33164

Actions (login required)

View Item View Item