Kontribusi Pendapatan Wanita Pemulung terhadap Total Pendapatan Rumah Tangga dan Tingkat Kesejahteraan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Gunung Tugel dan Kaliori Kabupaten Banyumas

Anto, Catur Nofi (2016) Kontribusi Pendapatan Wanita Pemulung terhadap Total Pendapatan Rumah Tangga dan Tingkat Kesejahteraan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Gunung Tugel dan Kaliori Kabupaten Banyumas. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12405241022.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Curahan waktu kerja wanita pemulung dalam aktivitas domestik, ekonomi produktif, dan sosial, 2) Total pendapatan rumah tangga, 3) Kontribusi pendapatan wanita pemulung terhadap total pendapatan rumah tangga, 4) Tingkat kesejahteraan rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan metode deskriptif analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 44 wanita pemulung TPAS Gunung Tugel dan 20 wanita pemulung TPAS Kaliori. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, dan tabulating. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Curahan waktu kerja wanita pemulung pada aktivitas domestik di TPAS Gunung Tugel lebih tinggi daripada Kaliori masing-masing sebesar 225,31 jam dan 197,63 jam per bulan, curahan waktu kerja pada aktivitas ekonomi produktif di TPAS Gunung Tugel lebih rendah daripada Kaliori masing-masing sebesar 166 jam dan 226 jam per bulan, curahan waktu kerja pada aktivitas sosial di TPAS Gunung Tugel lebih tinggi daripada Kaliori masing-masing sebesar 20,15 jam dan 18,30 jam per bulan, 2) Total pendapatan rumah tangga wanita pemulung TPAS Gunung Tugel lebih rendah daripada Kaliori masing-masing sebesar Rp.1.194.435 per bulan dan Rp.1.236.533 per bulan, 3) Kontribusi pendapatan wanita pemulung terhadap total pendapatan rumah tangga di TPAS Gunung Tugel lebih rendah daripada Kaliori masing-masing sebesar 43% dan 61%, 4) Tingkat kesejahteraan rumah tangga wanita pemulung TPAS Gunung Tugel dan Kaliori paling banyak berada pada tahapan Prasejahtera masing-masing sebesar 45,45% dan 65%. Kata kunci: wanita pemulung, rumah tangga, pendapatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 24 May 2016 00:23
Last Modified: 30 Jan 2019 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33161

Actions (login required)

View Item View Item