PERANAN PARTAI POLITIK DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (Studi di Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Yogyakarta)

Musarofah, . (2016) PERANAN PARTAI POLITIK DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN (Studi di Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Yogyakarta). S1 thesis, FIS.

[img] Other ('Skripsi Digital)
SKRIPSI FULL 11401241008.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Peranan DPC PDI Perjuangan dalam meningkatkan partisipasi politik perempuan di Kota Yogyakarta. 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh DPC PDI Perjuangan dalam meningkatkan partisipasi politik perempuan di Kota Yogyakarta. 3) Upaya yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan untuk mengatasi kendala-kendala peningkatan partisipasi politik perempuan di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari informan yang sesuai dengan situasi yang sedang diteliti dan penentuannya menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Danang Rudiyatmoko selaku ketua DPC PDI Perjuangan, Darini selaku wakil ketua bidang perempuan dan anak, Suryani selaku anggota legislatif perempuan dari DPC PDI Perjuangan, Purwandari selaku calon anggota legislatif yang tidak terpilih dalam pemilu legislatif 2014 dan Florentina Afra Suwartina selaku kader perempuan dari DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta. Pengujian keabsahan data menggunakan cross check data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan DPC PDI Perjuangan dalam meningkatkan partisipasi politik perempuan di Kota Yogyakarta melalui militansi struktural, diskusi, pelatihan kepemimpinan, seminar, simulasi menulis press release, undangan media/broadcast, public speaking, pelatihan door stop interview, press conference, pelatihan kampanye dan bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat serta lembaga pemerintah. 2) Kendala-kendala yang dihadapi DPC PDI Perjuangan dalam meningkatkan partisipasi politik perempuan meliputi kondisi masyarakat yang masih patriarki, minimnya kemampuan dan pengalaman berpolitik, money politic dan keadaan finansial kaum perempuan yang masih lemah. 3) Upaya-upaya yang dilakukan DPC PDI Perjuangan untuk mengatasi kendala peningkatan partisipasi politik perempuan melalui penyadaran berpolitik bagi perempuan, pengkaderan perempuan-perempuan berpotensi sampai tingkat RW, dan penyediaan dana gotong royong. Kata kunci: peranan, partai politik, DPC PDI Perjuangan, peningkatan, partisipasi politik perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 May 2016 00:12
Last Modified: 30 Jan 2019 09:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33156

Actions (login required)

View Item View Item