EVALUASI SISTEM PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK N 7 PURWOREJO

Subkhan, Prasetyo (2016) EVALUASI SISTEM PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK N 7 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Subkhan Prasetyo 11501241029.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

EVALUASI SISTEM PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK N 7 PURWOREJO Oleh: Subkhan Prasetyo NIM. 11501241029 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat ketercapaian perencanaan sistem penilaian hasil pembelajaran produktif siswa pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 7 Purworejo, (2) tingkat ketercapaian pelaksanaan sistem penilaian hasil pembelajaran produktif siswa pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 7 Purworejo, (3) tingkat ketercapaian tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran produktif siswa pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 7 Purworejo. Peneitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metode Countenance Stake yang meliputi aspek antecedents (perencanaan), transaction (pelaksanaan), dan outcomes (tindak lanjut). Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru dan siswa pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 7 Purworejo. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling insidental dengan responden 5 orang guru dan 62 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk menggunakan expert judgement dan validasi responden. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa secara umum sistem penilaian di SMK N 7 Purworejo dapat dikategorikan baik, meliputi: (1) Aspek antecedents (perencanaan penilaian) dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor berdasarkan kuesioner siswa dan kuesioner guru sebesar 2,93 dari skor maksimal 4. (2) Aspek transactions (pelaksanaan penilaian) dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor berdasarkan kuesioner siswa dan kuesioner guru sebesar 3,11 dari skor maksimal 4. (3) Aspek outcomes (tindak lanjut) dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor berdasarkan kuesioner siswa dan kuesioner guru sebesar 2,82 dari skor maksimal 4. Kata kunci: evaluasi, sistem penilaian, pembelajaran produktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 07:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33148

Actions (login required)

View Item View Item