PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT KOMPETENSI DESAIN STRUKTUR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN

Siti, Istiqomah (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT KOMPETENSI DESAIN STRUKTUR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Siti Istiqomah 1251324006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT KOMPETENSI DESAIN STRUKTUR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN Oleh Siti Istiqomah NIM: 12513247006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran power point materi desain struktur di SMA Muhammadiyah Kasihan, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran power point materi desain struktur di SMA Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh tim puslitjaknov dari sepuluh tahap menjadi lima tahap. Lima tahap tersebut adalah: 1). Tahap analisis kebutuhan 2). Tahap perencanaan 3). Tahap validasi 4). Tahap uji coba kelompok kecil 5). Uji coba kelompok besar dan hasil akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2015. Penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran power point materi desain struktur. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 Siswa dari kelas XI di SMA Muhammadiyah Kasihan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1). Media pembelajaran power point kopetensi desain struktur pada mata pelajaran prakarya di SMA Muhammadiyah Kasihan dengan lima tahap prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh tim puslitjaknov. Lima tahap tersebut meliputi: tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan, tahap validasi, tahap uji coba kelompok kecil, tahap uji coba kelompok besar dan hasil akhir 2). Kelayakan media power point melalui tiga tahap yaitu: a). Uji validasi dari dosen ahli materi dan media serta Guru mata pelajaran sebagai validator di Sekolah. Dari hasil validasi yang telah direvisi sesuai saran menyatakan 100% media power point layak digunakan dalam pembelajaran b). Uji coba kelompok kecil, dalam penelitian ini sebanyak 15 Siswa dimana 4 Siswa (30%) menyatakan layak dan 11 Siswa (70%) menyatakan sangat layak terhadap penggunaan media power point dalam pembelajaran materi desain struktur c). Uji coba kelompok besar dalam penelitian ini sebanyak 30 Siswa. Dimana 3 Siswa (13%) menyatakan layak dan 27 Siswa (87%) menyatakan sangat layak terhadap penggunaan media power point dalam pembelajaran materi desain struktur. Kata kunci:power point, desain struktur, pengembangan dan kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 09:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33145

Actions (login required)

View Item View Item