PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 MATARAM MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR

Salahudin, As’ad (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 MATARAM MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Salahudin As'as 11502249002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 3 MATARAM MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR Salahudin As’ad NIM. 11502249002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar belajar peserta didik kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Mataram mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar; dan (2) mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar peserta didik kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Mataram mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain posttes only control group. Dengan kata lain penelitian ini hanya dilakukan postes tanpa pretes karena subyek pada penelitian ini homogen. Prosedur dalam penelitian ini meliputi: Pesiapan, validasi, pemberian perlakuan, pelaksanaan postes, dan analisis data serta interpretasi hasil. Penelitian ini terdiri dari dua kelas sebagai subyek yaitu kelas X TAV-B sebagai kelas kontrol dan kelas X TAV-A sebagai kelas eksperimen. Postes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif dan minat belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda dan angket. Analisis data diawali dengan menganalisis normalitas data, lalu dilanjutkan dengan pengujian homogenitas data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes hasil belajar untuk kelas eksperimen adalah 72,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53%, sedangkan rata-rata untuk kelas kontrol 66,1 dengan ketuntasan klasikal 45%. Hasil penelitian untuk minat menunjukkan hasil bahwa rata-rata minat peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 79,8, dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan rata-rata minat peserta didik pada kelas kontrol sebesar 74,4, dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai sig yang diperoleh lebih kecil dari nilai alpha (0,011< 0,05 dan 0,00<0,05), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Mataram pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Katakunci: Inkuiri terbimbing, Hasil belajar kognitif, Minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 09:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33143

Actions (login required)

View Item View Item