Media Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Taman Kanak - Kanak dengan Output Suara dan Tanda Baca Berbasis Mikrokontroler ATmega16.

MULYANA, MULYANA (2016) Media Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Taman Kanak - Kanak dengan Output Suara dan Tanda Baca Berbasis Mikrokontroler ATmega16. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
mulyana 10507131013.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Media Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Taman Kanak - Kanak dengan Output Suara dan Tanda Baca Berbasis Mikrokontroler ATmega16. MULYANA NIM : 1050713013 ABSTRAK Proyek akhir ini dimaksudkan untuk mengembangkan suatu perangkat berupa model pembelajaran yang mampu mengenalkan huruf - huruf hijaiyah beserta tanda bacanya yang ditampilkan dalam papan LCD dan output suara yang ditampilkan melalui speaker. Dari tampilan LCD akan mengeluarkan karakter huruf yang ditekan dan speaker akan mengeluarkan suara huruf. Media Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Taman Kanak - Kanak dengan Output Suara dan Tanda Baca Berbasis Mikrokontroler ATmega16 ini, terdiri dari unit sistem minimum yang berfungsi sebagai pengendali rangkaian, unit keyboard sebagai perintah masukan, unit MP3 player sebagai penampil file suara, MMC/SD Card sebagai penyimpan data file suara, power supply sebagai pemberi tegangan keseluruh rangkaian, unit LCD 16x2 sebagai keluaran penampil tanda baca huruf hijaiyah, unit speaker sebagai keluaran suara huruf hijaiyah, dari unit keseluruhan akan diproses dengan menggunakan sistem minimum mikrokontroler ATmega16. Perangkat ini digunakan untuk mengendalikan seluruh sistem. Perangkat lunak sebagai pengendali program pada mikrokontroler ATmega16 menggunakan sofware CVAVR sebagai tempat untuk membuat progran dan men-download program ke dalam ATmega16. Pada Media Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Taman Kanak - Kanak dengan Output Suara dan Tanda Baca Berbasis Mikrokontroler ATmega16 ini, menggunakan 30 tombol huruf hijaiyah dan 6 tombol sebagai tanda bacanya. Untuk menggunakan media pembelajaran huruf hijaiyah ini, hal pertama yang dilakukan ialah memilih tombol tanda baca huruf yang akan digunakan, lalu menekan tombol huruf hijaiyah. Keluaran pada LCD akan menampilkan karakter huruf hijaiyah secara bersamaan dengan suara dari speaker. Alat ini membutuhkan tegangan sebesar 12volt yang digunakan untuk men-supply tegangan ke rangkaian penguat Amplifier dan MMC/SD Card, MP3 Player. Tegangan akan dikecilkan dengan menggunakan IC regulator serta tegangan 5volt yang digunakan untuk menyuplai tegangan ke sistem minimun. Kata Kunci : LCD, MP3 Player, ATmega16

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 07:26
Last Modified: 30 Jan 2019 09:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item View Item