PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SEYEGAN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF

Muhammad, Nang Ali Hussein (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SEYEGAN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nang Ali Hussein 09504241006.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SEYEGAN SLEMAN DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF Oleh : Muhammad Nang Ali Hussein 09504241006 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif SMKN 1 Seyegan Sleman. Berdasarkan tujuan, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain Pretest-Pesttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Seyegan kelas X TSM 1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dan kelas X TSM 2 sebanyak 32 siswa di mana kelas X TSM 1 berlaku sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dan kelas X TSM 2 berlaku sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode think-pair-share. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil belajar siswa ( baik pretest maupun posttest) yang diuji dengan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi yaitu sebesar 0,00 atau kurang dari α(0,05) sehingga dapat disimpulkan menolak H0. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang juga terlihat pada rata-rata nilai posttest siswa di mana siswa yang belajar dengan menggunakan metode think-pair-share lebih tinggi nilai rata-ratanya yaitu sebesar 72,19 dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional yang memiliki rata-rata 61,14. Kata Kunci : Pengaruh, Think-Pair-Share, Konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33135

Actions (login required)

View Item View Item