LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA

RAHAYU NUR FAJRIANI, RAHAYU NUR FAJRIANI (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 LAPORAN PPL 2015 RAHAYU NUR FAJRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2015 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Praktik Pengalaman Lapangan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan. SD Negeri Baciro merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial pembelajaran di sekolah, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 2 kali yaitu di kelas II dan kelas V A yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2015 dan 14 Agustus 2015, praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2015 dan 21 Agustus 2015 kelas III dan V B. Ujian praktik mengajar yang dilaksanakan 2 kali yaitu tanggal 3 September 2015 dan 8 September 2015 meliputi kelas III dan kelas V A. Praktik mengajar meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi, secara umum peserta dapat melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada khususnya. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Baciro berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, SD Negeri Baciro
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 07:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33128

Actions (login required)

View Item View Item