Wiki Oktavianto, Wiki Oktavianto (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA A043. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Wiki Oktavianto_12604221030_Laporan PPL.pdf Download (874kB) | Preview |
Abstract
Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. PPL/Magang III yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 di SD Negeri Tegalpanggung. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak nantinya ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. PPL/Magang III diawali dengan pembekalan yang diberikan oleh LPPMP UNY, setelah itu mahasiswa melakukan observasi ke lokasi PPL. Observasi dilakukan dengan metode tanya jawab, dokumentasi, dan pengamatan secara langsung. Adapun setiap mahasiswa PPL menyusun program kerja individu yang terbagi dalam program mengajar, program non mengajar, dan program insidental. Program kerja yang bersifat mengajar yaitu: Praktik mengajar terbimbing 1-4, Praktik mengajar mandiri, serta ujian praktik mengajar. Program kerja yang bersifat non mengajar yaitu: pendampingan drumband, pendampingan pramuka, pendampingan futsal, kerja bakti persiapan sekolah sehat, pawai memperingati HUT RI, lomba peringatan hari kemerdekaan, pelatihan upacara bendera, apel pagi, dan senam pagi. Program kerja yang bersifat insidental yaitu: Bimbingan belajar siswa dan mengajar insidental. Setelah melaksanakan kegiatan PPL banyak hal yang telah kami dapatkan, mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung, dapat menerapkan ilmu/ keterampilan yang saya dapat dari kampus kepada sekolah, mengetahui persoalan – persoalan yang ada ketika mengajar, seperti sifat – sifat siswa yang berbeda antara satu dengan yang lain, sulitnya mengkondisikan siswa, cara menyampaikan materi agar siswa dapat memahami, mengemas pembelajaran semenarik mungkin, dll. pengalaman PPL ini sangat berguna sebagai bekal untuk mengajar di masa yang akan datang ketika sudah menjadi guru.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Praktik Mengajar, SD Negeri Tegalpanggung |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |