LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA

Farit Khulfani, Farit Khulfani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI TEGALPANGGUNG YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN LENGKAP FARIT KHULFANI 12604221022 PGSD PENJAS.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri tegalpanggung berlangsung mulai tangga 10 Agustus sampai degan 12 september 2015. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar, meningkatkan kemandirian, kreatifitas serta peningkatan mutu serta pemecahan masalah. SD N Tegalpanggung terletak di bantaran sungai code. Ada 2 tim PPL yang berlokasi di tempat SD tersebut, yaitu PPL dari UNY Dan PPL Dari UST. karena dalam praktik pengalaman lapangan di SD Tersebut setiap tahunnya di pakai oleh 2 perguruan tinggi, maka 2 tim PPL yang berlokasi di tempat tersebut juga digabung menjadi 1. Jumlah seluruh anggota PPL yang berasal dari UNY adalah 13 orang terdiri dari 4 mahasiswa dari PGSD PENJAS berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 9 mahasiswi dari PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan. Setelah melaksanakan kegiatan PPL selama kurang lebih satu bulan banyak hal yang telah kami dapatkan, diantaranya mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung dengan berhadapan langsung menghadapi berbagai macam karakter siswa yang beragam, dapat menerapkan ilmu serta keterampilan yang saya dapat dari kampus dan diaplikasikan di sekolah, mengetahui persoalan – persoalan yang ada ketika mengajar siswa, seperti sifat – sifat siswa yang berbeda antara satu dengan yang lain dan antara kelas yang satu dengan kelas yang lain, cara yang efektif mengkondisikan siswa, cara menyampaikan materi secara tepat agar siswa dapat memahami, dan mencerna materi yang disampaikan, dan lain sebagainya. Pengalaman PPL ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bekal mengajar di kemudian hari ketika menajdi pengajar yang sesugguhnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SDN Tegalpanggung, Pengalaman Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 04:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33116

Actions (login required)

View Item View Item