PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI MATERIAL REQUEST FORM BERBASIS WEB SEBAGAI PENGELOLA PERALATAN PENDUKUNG TRAINING DI PT THIESS CONTRACTORS INDONESIA

Aditio, Agung Nugroho (2016) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI MATERIAL REQUEST FORM BERBASIS WEB SEBAGAI PENGELOLA PERALATAN PENDUKUNG TRAINING DI PT THIESS CONTRACTORS INDONESIA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
TAS_11520241065_AditioAN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI MATERIAL REQUEST FORM BERBASIS WEB SEBAGAI PENGELOLA PERALATAN PENDUKUNG TRAINING DI PT THIESS CONTRACTORS INDONESIA Oleh: Aditio Agung Nugroho NIM 11520241065 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) merancang dan membangun aplikasi Material Request Form (MRF) berbasis Web untuk mengelola peralatan pendukung training sesuai dengan kebutuhan karyawan Departemen Training & Development (T&D) PT Thiess Contractors Indonesia (2) mengetahui tingkat kelayakan aplikasi Material Request Form berbasis Web yang dikembangkan dari sisi functionality, reliability, usability dan efficiency. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall, yang terdiri dari analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Pengembangan aplikasi ini menggunakan framework CodeIgniter untuk fungsi sistem karena sangat efektif untuk membangun aplikasi berbasis Web dan bekerja berdasarkan konsep dasar MVC sehingga lebih mudah dalam pengelolaan sistem. Untuk antar muka sistem menggunakan framework Bootstrap dan template AdminLTE karena bersifat responsive. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kualitas sistem informasi yang dikembangkan menggunakan indikator ISO 9126 model WebQEM yang terdiri dari aspek functionality, reliability, usability dan efficiency. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Aplikasi Material Request Form berbasis Web sebagai pengelola peralatan pendukung training di PT Thiess Contractors Indonesia dibangun menggunkan framework CodeIgniter, Boostrap, dan AdminLTE berdasarkan model pengembangan waterfall yang terdiri dari analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Aplikasi memiliki empat pengguna yaitu pengguna yaitu user biasa (trainer), supervisor (approver), administrator, superadmin dimana masing-masing pengguna memiliki fitur sesuai dengan hak akses yang dimiliki. (2) Hasil pengujian Aplikasi Material Request Form berbasis Web diperoleh nilai functionality dengan hasil persentase kesuksesan 100% (sangat tinggi), pengujian usability dengan tingkat kepuasan pengguna sebesar 75,74% (tinggi) dan nilai alpha cronbach sebesar 0.958 (excellent), pengujian efficiency menggunakan YSlow diperoleh nilai 96.43% (sangat baik), dan pengujian reliability sebesar 99.01% (sangat tinggi) menggunakan WAPT 8.5. Kata Kunci: Web, Mengelola Peralatan, Waterfall, ISO 9126.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33112

Actions (login required)

View Item View Item