PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Candra, Agustina (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Candra Agustina_11520241025_PTI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Candra Agustina NIM. 11520241025 ABSTRAK Pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi di SMK Muhammadiyah Prambanan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi jenis – jenis animasi flash dan belum tersedianya media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berbasis Adobe Flash, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berbasis Adobe Flash, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Luther. Model pengembangan Luther terdiri dari 6 tahap yaitu: (1) pengonsepan (concept), (2) perancangan (design), (3) pengumpulan bahan (material collecting), (4) pembuatan (assembly), (5) pengujian (testing), dan (6) pendistribusian (distribution). Pengujian dilakukan dengan dua tahap pengujian yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Setelah siswa selesai belajar menggunakan media pembelajaran, siswa mengerjakan tes praktik untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berbasis Adobe Flash, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 84,27 % dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87,31 % dengan kategori sangat layak, dan untuk penilaian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 87,48 % dengan kategori sangat layak, dan (3) untuk hasil belajar siswa diperoleh rerata 81,31 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 82,17 % yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Teknik Animasi 2 Dimensi, hasil belajar, kelayakan belajar kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 03:53
Last Modified: 30 Jan 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33110

Actions (login required)

View Item View Item