PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN TEMA “SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP” DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

Eka Rachmawati, Eka Rachmawati (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN TEMA “SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP” DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kesesuaian dengan syarat kontruksi dan kesesuaian dengan syarat teknis. 2) Adanya peningkatan pemahaman peserta didik dengan Model Pembelajaran Learning Cycle di SMP N 1 Wates dalam bentuk LKPD. 3) Respon peserta didik dan pendidik SMP N 1 Wates terhadap kualitas LKPD Sistem Transportasi Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap Define dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap Design dilakukan penentuan format dan rancangan awal berupa LKPD model pembelajaran Learning Cycle. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan soal evaluasi. Pada tahap Develop dilakukan validasi dosen ahli, guru IPA, dan uji coba produk. Pada tahap Disseminate dilakukan dalam skala terbatas. LKPD IPA yang telah divalidasi dilakukan uji coba produk di kelas VIII C SMP Negeri 1 Wates dengan jumlah 28 peserta didik. Uji coba produk dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua validator yang sudah dikonversi menjadi skala 4. Sedangkan analisis data secara kuantitatif dengan perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dan ketercapaian peningkatan pemahaman menggunakan standard gain serta perhitungan ketuntasan nilai evaluasi terhadap KKM sebagai indikator ketercapaian pemahaman peserta didik. Hasil penelitian ini menghasilkan LKPD IPA dalam model pembelajaran Learning Cycle dengan tema Sistem Transportasi Makhluk Hidup memperoleh jumlah skor total 108,5 dari skor maksimal 128 termasuk kategori sangat baik (A). LKPD IPA yang dikembangkan mampu menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik dan respon peserta didik sangat baik terhadap kualitas LKPD IPA ini. Kata Kunci: LKPD, Learning Cycle, Sistem Transportasi Makhluk Hidup, Pemahaman Peserta Didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 23 May 2016 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item