PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA LINGKARAN PADA SISWA KELAS IV SDN SOKA 1 SRUMBUNG MAGELANG

Dewani, Lilik Endang (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA LINGKARAN PADA SISWA KELAS IV SDN SOKA 1 SRUMBUNG MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lilik Endang Dewani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan melalui penggunaan alat peraga lingkaran siswa kelas IV SDN Soka 1 Srumbung Magelang tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Soka 1 Srumbung Magelang yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga lingkaran dapat digunakan untuk membuktikan peningkatan presentase siswa yang mencapai KKM di setiap siklusnya. Nilai rata-rata tes pada pra tindakan yaitu 61,8 kemudian mengalami peningkatan menjadi 74,6 pada akhir siklus I, dan mengalami peningkatan kembali pada akhir siklus II menjadi 87,4. Presentase siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan sebesar 30%, kemudian pada akhir siklus I mengalami peningkatan menjadi 65%, dan mengalami peningkatan lagi pada akhir siklus II menjadi 90%. Kata kunci : hasil belajar matematika, bilangan pecahan, alat peraga lingkaran, siwa kelas IV SDN Soka 1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 May 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33099

Actions (login required)

View Item View Item