PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BLUS DI SMKN 3 KLATEN

Ria, Kusrini (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BLUS DI SMKN 3 KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
RIA KUSRINI 11513241008.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BLUS DI SMKN 3 KLATEN Oleh: Ria Kusrini NIM. 11513241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian kompetensi pembuatan pola blus tanpa menggunakan media flip chart di SMKN 3 Klaten, 2) pencapaian kompetensi pembuatan pola blus dengan menggunakan media flip chart di SMKN 3 Klaten, 3) pengaruh penggunaan media flip chart terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola blus di SMKN 3 Klaten. Desain penelitian ini adalah true eksperimental design dengan model penelitian posttest-only control design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X busana sejumlah 62 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi yang terdiri dari tes pilihan ganda, penilaian observasi sikap dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas kontrak. Uji reliabilitas instrumen tes pilihan ganda menggunakan KR 20 dan penilaian sikap serta penilaian unjuk kerja dengan rumus Alfa Cronbach. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov Smirnov dengan nilai 0,095 pada kelas kontrol dan nilai 0,445 pada kelas eksperimen. Uji homogenitas menggunakan uji-F, = 1,047. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian kompetensi pembuatan pola blus tanpa menggunakan media flip chart di SMKN 3 Klaten yaitu 17 siswa (55%) belum mencapai KKM dan 14 siswa (45%) telah mencapai KKM, 2) pencapaian kompetensi pembuatan pola blus dengan menggunakan media flip chart di SMKN 3 Klaten sebanyak 31 siswa (100%) telah mencapai KKM, 3) terdapat pengaruh penggunaan media flip chart terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola blus di SMKN 3 Klaten, dilihat dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai lebih besar dari pada ( 9,545 > 2,042) dan taraf signifikansi lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05). Kata kunci: flip chart, kompetensi, pembuatan pola blus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33093

Actions (login required)

View Item View Item