LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Siti Raudlatussyifa, Siti Raudlatussyifa (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SITI RAUDLATUSSYIFA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon pendidik dengan terjun kelapangan langsung yaitu di Sekolah dalam jangka waktu tertentu secara terbimbing untuk memahami Sekolah pada umumnya dan memahami kegiatan belajar mengajar di Sekolah pada khususnya sebagai proses pembelajaran serta mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh diperkuliahan. Tujuan dari pelaksanaan PPL Universitas Negeri Yogyakarta salah satunya adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di Sekolah atai lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Sasaran yang ingin dicapai dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah membentuk pribadi calon tenaga pendidik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan, mengembangkan, serta menerapkan imu, teknologi, dan seni, yang bermanfaat bagi manusia. Kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program PPL kelompok dan individu. Program-program kelompok yang dijalankan yaitu Penerjunan mahasiswa PPL UNY 2015, Briefing kegiatan harian, Evaluasi kegiatan harian, Rapat kelompok, Rapat koordinasi, Lomba 17 Agustus, Upacara bendera, Senam, Penarikan PPL UNY 2015. Sedangkan program individu adalah praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Program-program yang telah dirancang baik program kelompok maupun program individu seluruhnya mengacu pada bidang akademik, non – akademik, serta kesiswaan. Hal tersebut sangat membantu mahasiswa dalam mempraktekkan ilmu pada bidang manajerial dan administrasi di sekolah. Program yang dilaksanakan tidak hanya bermanfaat bagi sekolah pada umumnya namun juga bagi mahasiswa PPL pada khususnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMP Negeri 4 Yogyakarta, Program Individu, Bidang Akademik, Bidang Non – Akademik, Bidang Kesiswaan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33085

Actions (login required)

View Item View Item