PENGARUH METODE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMILIHAN BAHAN BAKU BUSANA DI SMK N 2 GODEAN

Novita, Sari (2016) PENGARUH METODE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMILIHAN BAHAN BAKU BUSANA DI SMK N 2 GODEAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
NOVITA SARI 11513241007.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMILIHAN BAHAN BAKU BUSANA DI SMK N 2 GODEAN Oleh: Novita Sari NIM. 11513241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian kompetensi pemilihan bahan baku busana siswa kelas X tanpa menggunakan metode Number Head Together di SMK N 2 Godean 2) pencapaian kompetensi pemilihan bahan baku busana siswa kelas X dengan menggunakan metode Number Head Together di SMK N 2 Godean 3) pengaruh metode Number Head Together terhadap pencapaian kompetensi pemilihan bahan baku busana siswa kelas X di SMK N 2 Godean? Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Pre-Experimental dengan desain posttest-only control design. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Godean dengan melibatkan 64 peserta didik kelas X pada mata pelajaran memilih bahan baku busana. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi yang terdiri dari tes pilihan ganda, penilaian obsevasi sikap dan penilaian unjuk kerja. Pembelajaran dikelas eksperimen menggunakan metode Number Head Together sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling berupa simple random sampling. Data diperoleh dari tes yang diberikan kepada siswa berupa penilaian kognitif, penilaian sikap, dan penilaian unjuk kerja. Pengolahan data mengunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh, serta analisi inferensial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pencapaian kompetensi pemilihan bahan baku busana pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode Number Head Together di SMK N 2 Godean dari 32 peserta didik, yang termasuk pada kategori tuntas sebanyak 19 peserta didik (59%) dan kategori belum tuntas sebanyak 13 peserta didik (41%), 2) Pencapaian kompetensi pemilihan bahan baku busana pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Number Head Together di SMK N 2 Godean dari 32 peserta didik, yang termasuk pada kategori tuntas sebanyak 27 peserta didik (84%) dan kategori belum tuntas sebanyak 5 peserta didik (16%), 3) pembelajaran dengan metode Number Head Together memberikan perubahan ke arah positif, baik dari segi perilaku maupun pencapaian hasil belajar siswa, terbukti setelah dilakukan uji beda dengan uji-t terdapat hasil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33079

Actions (login required)

View Item View Item