KARISMA WILIANTI, KARISMA WILIANTI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berlangsung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi praktik mengajar, dimana mahasiswa akan berhadapan dengan siswa di dalam kelas. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran, kependidikan dan mampu berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Dengan pengalaman tersebut mahasiswa mendapatkan bekal guna pengabdiannya di masyarakat kelak sebelum atau setelah menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang timbul antara lain: siswa yang sulit dikendalikan, siswa kurang kooperatif dalam mengikuti pelajaran, dan waktu PPL yang singkat. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir dan mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Dari pelaksanaannya diperoleh hasil dari kegiatan PPL antara lain praktik mengajar sebanyak 4 kali tatap muka di kelas VIII A, VIII C, VIII D, dan VIII E. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah, maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi. Dari setiap proses demi proses yang dilalui dalam PPL ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan keilmuan dan pengalaman di dunia kerja, khususnya pada bidang pendidikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 23 May 2016 02:35 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |