HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN POLA BLUS DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Meri, Andani (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN POLA BLUS DI SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Meri Andani 11513249001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN POLA BLUS DI SMK NEGERI 1 PANDAK Oleh: Meri Andani NIM. 11513249001 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui kemandirian belajar siswa kelas XI tata busana di SMK Negeri 1 Pandak, (2) mengetahui prestasi belajar pembuatan pola blus siswa kelas XI tata busana di SMK N 1 Pandak, dan (3) membuktikan adanya hubungan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pembuatan pola blus siswa kelas XI tata busana di SMK N 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Busana di SMK Negeri 3 Klaten yang menempuh pelajaran pembuatan pola blus sebanyak 63 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 55 orang ditentukan dengan rumus tabel Isaac dan Michael, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan observasi untuk memperoleh informasi tentang keadaan/ situasi yang ada dalam lingkungan sekolah, dan untuk mengetahui permasalahan pelaksanaan pembelajaran pada pembuatan pola blus, angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa, dokumentasi dari guru untuk prestasi belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar siswa 7,3% termasuk dalam kategori kurang, 56,3% termasuk dalam kategori cukup, 36,4% termasuk dalam kategori tinggi, (2) prestasi pembuatan pola blus dengan skor 76-78 sebesar 12,7%, skor 79-81 sebesar 25,5%, skor 82-84 sebesar 18,2%, skor 85-87 sebesar 9,1%, skor 88-90 sebesar 18,1 %, skor 91-93 sebesar 16,4%, (3) terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar (x) dengan prestasi belajar pembuatan pola blus (y) di SMK Negeri 1 Pandak, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r hitung ( 0,783) > r tabel (0,266) sehingga koefisien korelasi X terhadap Y adalah signifikan, hasil analisis korelasi kemandirian belajar (x) terhadap prestasi belajar pembuatan pola blus (y) memiliki bentuk hubungan linier diibuktikan dengan f hitung (1,789) < dari f tabel (4,02) dan indeks tuntutan asumsi signifikan sebesar 0,073. Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar, pembuatan pola blus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33069

Actions (login required)

View Item View Item