PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD LANTENG BARU TAHUN AJARAN 2015/2016

Fitrianto, Eko Nur (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD LANTENG BARU TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Eko Nur Fitrianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran akan bermakna apabila didesain agar siswa terlibat aktif untuk menemukan perolehan melalui kegiatan penemuan. Hasil observasi di kelas III SD Lanteng Baru menunjukan keterlibatan siswa untuk menemukan belum dilatihkan sehingga keterampilan proses dan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA menggunakan model discovery learning pada siswa kelas III SD Lanteng Baru tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Lanteng Baru dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 12 siswa putri. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptf kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses IPA menggunakan discovery learning di kelas III SD Lanteng Baru mengalami peningkatan dari keterampilan proses sebelum tindakan sebesar 19,89% meningkat menjadi 70,42% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,27% pada siklus II. Peningkatan tersebut setelah dilakukan perbaikan yaitu dengan pemberian apersepsi yang konkrit, pembentukan ketua kelompok diskusi, pembagian LKS pada setiap siswa, pemberian timer kerja, dan bimbingan guru pada kegiatan presentasi. Seiring dengan meningkatnya keterampilan proses, hasil belajar IPA pun meningkat. Hal tersebut ditunjukan dengan peningkatan dari rata-rata tes pra siklus sebesar 56,45 menjadi 64,37 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,02 pada siklus II. Tindakan dalam penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Kata kunci: keterampilan proses IPA, hasil belajar, discovery learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 May 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33067

Actions (login required)

View Item View Item