EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMBUATAN KAIN TENUN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Latifa, Dwike Ambarawati (2016) EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMBUATAN KAIN TENUN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Latifa Dwike Ambarawati 11513241021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMBUATAN KAIN TENUN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN Oleh: Latifa Dwike Ambarawati 11513241021 ABSTRAK Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Kompetensi siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun sebelum penerapan modul, (2) Kompetensi siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun setelah penerapan modul, (3) Efektivitas penggunaan modul pembelajaran pembuatan kain tenun untuk pencapaian kompetensi mengetahui dan membedakan proses menenun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen, dengan desain pretest-posttest nonequivalent groups. Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik kelas X Busana SMK Negeri 3 Klaten yang berjumlah 102 siswa, dengan sampel X BB 3 sebagai kelas eksperimen dan X BB 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik probability sampling atau random sampling. Pengambilan data dilakukan pada Oktober 2015. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, serta pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi siswa dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun sebelum penerapan modul sangat rendah, yaitu dengan rata-rata 38,41 pada kelas kontrol dan 36,85 pada kelas eksperimen, (2) Kompetensi siswa pada kelas eksperimen dalam menjelaskan dan membedakan proses menenun setelah penerapan modul lebih tinggi dari pada sebelum penerapan modul yaitu dengan rata-rata sebesar 80,18, (3) Penggunaan modul pembelajaran pengetahuan pembuatan kain tenun dinyatakan efektif, melihat perbedaan hasil pretest dan posttest siswa, serta perbandingannya dengan kelas yang tidak menerapkan modul (kelas kontrol). Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol (80,18 > 72,41), dan t hitung lebih besar dari t tabel (2,324 > 2,036) serta nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05, dengan p=0,000). Kata kunci: efektivitas modul, kompetensi pembuatan kain tenun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33066

Actions (login required)

View Item View Item