PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Khoirul, Madi (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Khoirul Madi_12503241041_Tiwan, M.T..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh: Khoirul Madi NIM. 12503241041 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik dengan kelengkapan multimedia berbasis flash untuk siswa kelas X, 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik yang telah dihasilkan untuk dipakai sebagai bahan belajar siswa kelas X. Metodologi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi, kemudian diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk validasi modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik dan dilakukan uji coba terbatas dan uji coba keterbacaan pada siswa. Data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik telah dihasilkan untuk kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Produk yang dihasilkan melalui 11 langkah pengembangan, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain modul pembelajaran interaktif, (4) validasi desain modul pembelajaran interaktif, (5) revisi desain modul pembelajaran interaktif, (6) pembuatan produk, (7) uji coba terbatas, (8) revisi produk 1, (9) uji coba keterbacaan, (10) revisi produk 2, dan (11) produk siap digunakan. Setelah melalui semua langkah pengembangan, maka modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik Dasar layak untuk digunakan sebagai sarana belajar mandiri siswa dan media pembelajaran dikelas. 2) Tingkat kelayakan modul pembelajaran interaktif Gambar Teknik yang dihasilkan ditentukan oleh 4 kegiatan penilaian produk, yaitu: validasi materi, validasi media, uji coba terbatas, dan uji coba keterbacaan. Hasil validasi materi dari 8 aspek penilaian didapat rerata 3.46 berada pada klasifikasi “Sangat Baik”, hasil validasi media dari 7 aspek penilaian didapat rerata 3.11 berada pada klasifikasi “Baik”, uji coba terbatas dari 2 aspek didapat rerata 3.36 pada klasifikasi “Sangat Baik”, dan uji coba keterbacaan dari 2 aspek didapat rerata 3.47 pada klasifikasi “Sangat Baik”. Rerata totalnya adalah 3.35 pada klasifikasi “Sangat Baik”. Kata kunci: penelitian, pengembangan, modul pembelajaran interaktif, Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33065

Actions (login required)

View Item View Item