LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI MAN YOGYAKARTA II JALAN KH. A. DAHLAN 130 YOGYAKARTA KP. 55261

Khikmatul Fuadhiyah, Khikmatul Fuadhiyah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI MAN YOGYAKARTA II JALAN KH. A. DAHLAN 130 YOGYAKARTA KP. 55261. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khikmatul Fuadhiyah (12205244041).pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan MAN Yogyakarta II terletak di Jalan KH. A. Dahlan 130 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, mengelola kelas, mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan evaluasi. PPL sebagai muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPL ini adalah diskusi dengan pihak-pihak terkait seperti Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL), guru pembimbing PPL, dan rekanrekan PPL, serta dengan melakukan pengamatan secara langsung. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di MAN Yogyakarta II. Observasi tersebut meliputi observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, dan mencari informasi dari guru mata pelajaran bahasa Jawa mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi sekolah Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X, XI, dan XII tetapi penulis mendapat amanat untuk mengajar7 kelas yaitu X IBB, X IIS 1, X MIA 3, XI MIA 1, XI MIA 3, XII IIS 3 dan XII MIA 2 tiap minggunya. Materi yang disampaikan meliputi Aksara Rekan, Aksara Swara, Cerkak, Geguritan, Sandhangan Mandaswara dan pawarta. Adapun program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) pembuatan RPP; 2) media pembelajaran; 3) soal-soal evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, MAN Yogyakarta II
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item