PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK

Ismiati, Azizah (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ismiyati azizah 11501241040.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK Oleh: Ismiati Azizah NIM. 11501241040 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran PKDLE berbasis android, dan (2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran PKDLE berbasis android. Peneitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Pleret dengan subyek penelitian Kelas X program keahlian Teknik Ketenagalistrikan. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, sedangkan pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa yaitu penilaian pada uji coba kelompok kecil dan penilaian uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran yang terdiri dari tujuh komponen utama, yaitu halaman pembuka, home, silabus, materi, evaluasi, bantuan, dan tentang. (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi didapat rerata skor 64 sehingga masuk dalam kategori “sangat layak”, sedangkan kelayakan oleh ahli media didapat rerata skor 54 sehingga masuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil didapat 20% siswa menyatakan “cukup layak” dan 80% menyatakan ”layak”, sedangkan pada uji coba lapangan didapat 69% siswa menyatakan ”layak” dan 31% siswa menyatakan media pembelajaran berbasis android “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: mobile learning, media pembelajaran berbasis android, PKDLE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33059

Actions (login required)

View Item View Item