LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA 2015

Benni Ferdianto, Benni Ferdianto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER fix print.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN SUDAH DITANDATANGANI fix print.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 KATA PENGANTAR fix print.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI fix print.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR LAMPIRAN fix print.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK fix print.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB I fix print.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB II fix print.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB III fix print.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA fix print.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan sebagai sarana untuk mengabdikan dan mempratikkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di lembaga pendidikan yang sebenarnya dan dilaksanakan dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Melalui PPL, mahasiswa mengasah diri sesuai kompetensi program studi dan jurusan masing-masing dalam hal pembelajaran dan manajerial di sekolah, guna melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional, juga memberi kesempatan mahasiswa untuk mengamati, mempelajari, dan memberikan solusi permasalahan–permasalahan yang ada di sekolah terkait dengan proses pembelajaran yang ada. PPL dilaksanakan di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berlangsung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Rancangan program PPL meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Sebelum mengikuti kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu harus lulus Pembelajaran Mikro. Mahasiswa kemudian melakukan observasi pembelajaran di kelas, mempersiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan praktik mengajar, melaksanakan evaluasi, dan menyusun laporan akhir. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program PPL individu dan kelompok. Program Individu yang dijalankan yakni : Program mengajar yang terdiri dari Membuat RPP, Menyusun Materi Pembelajaran, Membuat Media Pembelajaran, Membuat Soal dan Tugas dan Mengajar Terbimbing, Mengajar Mandiri, Konsultasi dengan DPL, Konsultasi dengan Guru Pembimbing, Menilai dan Mengkoreksi Tugas/Soal ; Program Non-Mengajar yang terdiri dari Membuat Laporan, Piket Guru, Upacara Bendera, Kegiatan HUT RI SMPN 4 Yogyakarta, Briefing & Evaluasi Harian, Rapat Koordinasi dan Senam Bersama, dan ; Program Tambahan yakni Pendampingan Pembelajaran Paduan Suara Sekolah. Secara keseluruhan, kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Yogyakarta selama lima minggu dapat berjalan dengan lancar dan sepenuhnya terlaksana dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMP Negeri 4 Yogyakarta, Bidang Akademik, Bidang Non – Akademik, Bidang Kesiswaan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33056

Actions (login required)

View Item View Item