Benni Ferdianto, Benni Ferdianto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 COVER fix print.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN SUDAH DITANDATANGANI fix print.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3 KATA PENGANTAR fix print.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
4 DAFTAR ISI fix print.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
5 DAFTAR LAMPIRAN fix print.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK fix print.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
7 BAB I fix print.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
8 BAB II fix print.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
9 BAB III fix print.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA fix print.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan sebagai sarana untuk mengabdikan dan mempratikkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di lembaga pendidikan yang sebenarnya dan dilaksanakan dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Melalui PPL, mahasiswa mengasah diri sesuai kompetensi program studi dan jurusan masing-masing dalam hal pembelajaran dan manajerial di sekolah, guna melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional, juga memberi kesempatan mahasiswa untuk mengamati, mempelajari, dan memberikan solusi permasalahan–permasalahan yang ada di sekolah terkait dengan proses pembelajaran yang ada. PPL dilaksanakan di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berlangsung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Rancangan program PPL meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Sebelum mengikuti kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu harus lulus Pembelajaran Mikro. Mahasiswa kemudian melakukan observasi pembelajaran di kelas, mempersiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan praktik mengajar, melaksanakan evaluasi, dan menyusun laporan akhir. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program PPL individu dan kelompok. Program Individu yang dijalankan yakni : Program mengajar yang terdiri dari Membuat RPP, Menyusun Materi Pembelajaran, Membuat Media Pembelajaran, Membuat Soal dan Tugas dan Mengajar Terbimbing, Mengajar Mandiri, Konsultasi dengan DPL, Konsultasi dengan Guru Pembimbing, Menilai dan Mengkoreksi Tugas/Soal ; Program Non-Mengajar yang terdiri dari Membuat Laporan, Piket Guru, Upacara Bendera, Kegiatan HUT RI SMPN 4 Yogyakarta, Briefing & Evaluasi Harian, Rapat Koordinasi dan Senam Bersama, dan ; Program Tambahan yakni Pendampingan Pembelajaran Paduan Suara Sekolah. Secara keseluruhan, kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Yogyakarta selama lima minggu dapat berjalan dengan lancar dan sepenuhnya terlaksana dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan, SMP Negeri 4 Yogyakarta, Bidang Akademik, Bidang Non – Akademik, Bidang Kesiswaan. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 23 May 2016 02:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33056 |
Actions (login required)
View Item |