PENGEMBANGAN APLIKASI ARTOPENG SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TOPENG ADAT DI MUSEUM SONOBUDOYO DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS DESKTOP

Dias, Aziz Pramudita (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI ARTOPENG SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TOPENG ADAT DI MUSEUM SONOBUDOYO DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS DESKTOP. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dias Aziz pramudita_11520241033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN APLIKASI ARTOPENG SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TOPENG ADAT DI MUSEUM SONOBUDOYO DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS DESKTOP Oleh : Dias Aziz Pramudita NIM 11520241033 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan aplikasi ARTopeng sebagai media untuk memperkenalkan Topeng Adat Di Museum Sonobudoyo; dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan aplikasi ARTopeng ditinjau dari aspek media pembelajaran, dan aspek software quality berdasarkan ISO 25010 pada aspek functional suitablity, performance efficiency, portability, dan usability sebagai media untuk memperkenalkan Topeng Adat Di Museum Sonobudoyo. Penelitian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall proscess model. Model pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall yang memiliki lima tahapan, yaitu communication (komunikasi dan kolaborasi), planning (perencanaan), modelling (pemodelan), construction (implementasi), dan deployment (distribusi). Hasil pengembangan berupa aplikasi ARTopeng yang memiliki fitur 1) Menampilkan topeng di muka pengguna; 2) Menampilkan video ilustrasi tentang sejarah topeng; 3) Menampilkan audio deskripsi topeng yang ditampilkan. Hasil analisis kualitas dari segi media pembelajaran dinyatakan dalam kategori sangat baik dari aspek media dengan skor 95,96% dan materi dengan skor 85,71%. Sedangkan berdasarkan ISO 25010 aplikasi dinyatakan sangat baik dari aspek functional suitability dengan skor 100% dan portability dengan skor 100% serta dinyatakan baik dari aspek performance efficiency dengan skor 84,61% dan usability dengan skor 75,1%. Kata kunci : interaktif media, research and development, waterfall, ISO 25010

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33052

Actions (login required)

View Item View Item