PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA KEMEJA MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK N 6 YOGYAKARTA

Ayu Prasetyaningtias, Ika Indriyani (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA KEMEJA MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
AYU PRASETYA 09513244035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA KEMEJA MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK N 6 YOGYAKARTA Oleh : Ayu Prasetyaningtias Ika Indriyani NIM. 09513244035 Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola kemeja pria dengan menerapkan metode Collaborative Learning di SMK N 6 Yogyakarta, (2) peningkatan motivasi belajar siswa dalam pencapaian kompetensi membuat pola kemeja melalui penerapan metode Collaborative Learning di SMK N 6 Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Alur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana Butik yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Validitas instrument dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan konstruk, dengan pendapat dari judgment expert, sedangkan reliabilitas menggunakan Kesepakatan Antar Rater. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa; (1) Pada siklus pertama pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Collaborative Learning terlaksana dengan baik sebesar 83,33%. Pada siklus kedua pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Collaborative Learning terlaksana sangat baik, sebesar 100% dan sesuai dengan fase metode Collaborative Learning. (2) Motivasi belajar siswa untuk pencapaian kompetensi membuat pola kemeja melalui penerapan metode Collaborative Learning pada siklus pertama motivasi termasuk dalam kategori sedang yaitu mencapai 51,50%, kemudian kompetensinya mencapai 30,30%, dan pada siklus kedua motivasi menjadi kategori tinggi yaitu mencapai 97,00%, dengan meningkatnya motivasi, maka kompetensinya juga akan meningkat yaitu mencapai 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Collaborative Learning dapat meningkatkan motivasi belajar untuk pencapaian kompetensi membuat pola kemeja di SMK N 6 Yogyakarta. Kata kunci : metode collaborative learning, motivasi belajar, kompetensi membuat pola kemeja pria.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33046

Actions (login required)

View Item View Item