Pengaruh Kepemimpinan, Supervisi dan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah terhadap Kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Magelang

Mustaqim, Mustaqim (2012) Pengaruh Kepemimpinan, Supervisi dan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah terhadap Kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mustaqim-10703254015.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, supervisi dan kompetensi sosial kepala sekolah secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Magelang. Populasi penelitian ini adalah semua sekolah dasar di Kota Magelang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling sebanyak 202 guru ditetapkan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan Corrected Item Total dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach`s. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda pada taraf signifikansi 5 persen. Hasil analisis sederhana menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan sumbangan efektif 44,8 persen; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan sumbangan efektif 32,5 persen; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kompetensi sosial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan sumbangan efektif 50,3 persen; 4) hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama variabel kepemimpinan, supervisi dan kompetensi sosial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan sumbangan efektif sebesar 69 persen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, supervisi, kompetensi sosial kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 08:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33008

Actions (login required)

View Item View Item