Keefektifan Total Quality Management (TQM) di STPP Magelang

Istingal, Muh. (2012) Keefektifan Total Quality Management (TQM) di STPP Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-istingal-09703251011.swf

Download (10MB)

Abstract

Perguruan tinggi disyaratkan untuk melakukan penjaminan mutu secara internal dan eksternal. Total Quality Management (TQM), digunakan untuk mengelola dan meningkatkan kualitas di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan TQM di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model descrepancy. Salah satu alasannya adalah karena implementasi TQM berkaitan dengan kebijakan pemerintah tentang sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan 5 faktor yang paling dominan terhadap keberhasilan penerapan TQM, 5 pilar dari sekolah berbasis kualitas total, dan 7 kriteria kualitas baik dari perguruan tinggi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengelolaan 5 faktor yang memainkan peranan penting dalam keberhasilan penerapan TQM di STPP Magelang sesuai dengan teori. Faktor-faktor penentu tersebut antara lain meliputi: ancaman, komitmen, rencana, kemajuan dan strategi. Ancaman yang nyata dan keuntungan-keuntungan dari penerapan TQM telah dikomunikasikan sebagai cara untuk membangkitkan dorongan bagi para dosen dan tenaga pendukungnya. Salah satu ancaman yang nyata bagi keberadaan STPP Magelang adalah munculnya program studi yang sama di perguruan tinggi negeri. Institusi ini telah merencanakan dan menjadwalkan penerapan TQM secara efektif berdasarkan pada sumber-sumber yang tersedia dan mendesaknya kebutuhan akan perubahan. Sekolah Tinggi ini memulai penerapan TQM sebagai cara untuk mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai dan penjaminan keberhasilan di masa mendatang. (2) Pengelolaan 5 pilar sekolah berbasis kualitas total di STPP Magelang sesuai dengan teori. Pilar-pilar tersebut terdiri dari: fokus pada konsumen, peranserta secara total, ukuran, komitmen, dan perbaikan yang berkelanjutan. Pimpinan STPP Magelang telah berkomitmen untuk melakukan perbaikan kualitas sekolah secara berkelanjutan dengan menggunakan alat ukur yang tepat secara efektif. Salah satu pengukuran yang dilakukan adalah indeks kepuasan konsumen. Semua dosen dan tenaga pendukung berperanserta secara total dalam penerapan TQM di sekolah untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan konsumen dengan menekankan pada fokus konsumen secara efektif. (3) Implelementasi TQM di STPP Magelang efektif. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang (STPP) Magelang telah dapat memenuhi 7 kriteria dari perguruan tinggi yang berkualitas baik. Oleh karena itu sekolah tinggi ini dapat diklasifikasikan kedalam Perguruan Tinggi yang berkualitas baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management (TQM), STPP Magelang
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33007

Actions (login required)

View Item View Item