Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sumba Barat Daya NTT

Sene, Mikael (2012) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sumba Barat Daya NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mikael-sene-10703251011.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yaitu menentukan adanya pengaruh dan besarnya kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap variabel kinerja guru. Populasi penelitian adalah 279 yang terdiri dari kepala sekolah dan para guru SMA di Kabupaten Sumba Barat Daya NTT. Sampel sejumlah 120 orang dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Pengujian validitas butir dilakukan di SMA Negeri 1 Kodi dengan jumlah responden 30 orang (construct validity), sedangkan uji reliabilitas dengan metode Alpha-Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (p<0,05; R2YX1 =46,3%); (2) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru (p<0,05; R2YX2 =8,4%); dan (3) Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru (p<0,05; R2YX3 =48,6%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 07:46
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33006

Actions (login required)

View Item View Item