LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Wiji Astuti, Wiji Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WIJI ASTUTI_12316244006_PEND FISIKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuannya baik secara akademis maupun dengan tujuan untuk menerapkan hasil kerja nyata kuliah di UNY demi kemajuan pendidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dalam bidang pembelajaran dan administrasi di sekolah atau lembaga sehingga penyusun dapat mengenal, mempelajari, dan memahami permasalahan yang terjadi di sekolah baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi kelembagaan yang nantinya dapat dijadikan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Mahasiswa diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Mahasiswa belajar mengenal sekolah dengan persoalan yang ada dan memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan mengembangkannya di masyarakat. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Program PPL meliputi beberapa kegiatan, antara lain: persiapan mengajar, observasi kelas, pembuatan perangkat pembelajaran (RPP) dan kisi-kisi penilaian, praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media pembelajaran, dan penilaian. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti PPL. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X-6, X-8, XI IPA 5, dan XI IPA 6. Metode mengajar yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi. Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa media papan tulis, spidol, kapur tulis, statif, beban, tali, serta peralatan lain yang menunjang pelaksanaan kegiatan praktikum. Kegiatan PPL ini telah banyak memberikan manfaat kepada mahasiswa berupa pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan segala permasalahan yang terjadi. Selain itu mahasiswa juga semakin mengenal lingkungan sekolah dan berbagai macam proses kegiatan yang ada. Sekolah juga merupakan tempat melatih kemampuan mahasiswa untuk dapat menjalin hubungan baik, berinteraksi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah. Untuk ke depannya, diharapkan hubungan antara pihak SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan UNY dapat terjalin dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Kegiatan Praktik Mengajar, Lingkungan Sekola
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 May 2016 07:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33005

Actions (login required)

View Item View Item