Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Lanjut Usia di Golden Geriatric Club Budi Mulia Dua Yogyakarta

Jakfar, Jakfar (2012) Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Lanjut Usia di Golden Geriatric Club Budi Mulia Dua Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jakfar-10703254016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penyelenggaraan pendidikan yang dapat mengarahkan suatu keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan lanjut usia yang meliputi (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) penilaian, dan (5) pengawasan pada Golden Geriatric Club (GGC) Budi Mulia Dua Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Semua proses perencanaan pembelajaran lansia dari; penentuan materi harus menjadi skala perioritas yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka, materi didesain dan disampaikan sedemikian rupa agar dapat melibatkan secara langsung peserta klub secara optimal, merencanakan suasan pembelajaran yang kondusif senang, nyaman, aman dan tenang untuk belajar, memperhatikan dan mendahulukan kebutuhan jadwal peserta klub, membangun dinamisasi antar peserta klub, dosen dan penyelenggara, dan adanya rencana anggaran dana yang menyokong terselenggaranya pembelajaran para lansia, semua aspek tersebut telah diupayakan sesuai dengan konsep manajeman humanistik. (2) Pengorganisasian lembaga yang meliputi penyelenggara, program, peserta klub, dosen, Kurikulum, jadwal belajar, dan pendanaan, telah diupayakan dan disusun sesuai jadwal dan pembagian tugas yang jelas. (3) Pelaksanaan pembelajaran menjadi dua sesi yang diantara sesi ada jedda istirahat, yakni; kelas sesi pertama, dan kelas sesi kedua. Semua proses pelaksanaan pembelajaran diupayakan sesuai iklim pembelajaran yang didukung metode “Brainstorming” (curah pendapat). (4) Kegaiatan Penilaian meliputi; pengamatan secara detail terhadap perubahan sikap perilaku dari setiap peserta klub pada saat awal dan akhir pembelajaran, menginterpretasi dari setiap gejala yang tampak dari setiap peserta klub yang kemudian dideskripsikan menjadi hasil penilaian, dan melaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan terutama penyelenggara berupa lisan maupun tertulis, telah dilaksanakan sesuai kebutuhan evaluasi. (5) Pengawasan dalam rangka pengendalian program meliputi; mencermati perencanaan program pembelajaran para lanjut usia yang telah dilaksanakan, mencermati organisasi program pembelajaran melalui pembagian tugas yang ada dan penyusunan kurikulum, mencermati pelaksanaan program dengan melihat langsung atau observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas, telah dilaksanakan secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan usia lanjut,
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 07:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33001

Actions (login required)

View Item View Item