LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Alamat: Jl. MT. Haryono 47, Yogyakarta 55141

Nurul Kamilla Ahmad, Nurul Kamilla Ahmad (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Alamat: Jl. MT. Haryono 47, Yogyakarta 55141. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURUL KAMILA AHMAD_12413241018_PEND SOSIOLOGI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 7 Yogyakarta yang digunakan sebagai lokasi PPL beralamatkan di Jalan MT. Haryono nomor 47, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat, minat siswa untuk menunjang proses belajar mengajar, serta membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Kegiatan diawali dengan penerjunan dan observasi pra-PPL di sekolah pada bulan Maret 2014, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Kegiatan observasi bertujuan memberikan gambaran awal tentang situasi pembelajaran di kelas dan kondisi sekolah. Kegiatan selanjutnya adalah persiapan yang berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode pembelajaran, media pembelajaran yang akan digunakan, serta persiapan fisik dan mental. Kegiatan utama pelaksanaan PPL adalah praktik mengajar di kelas, yaitu dimulai pada 12 Agustus - 10 September 2015 dengan materi Konsep Dasar Sosiologi serta Nilai dan Norma Sosial bagi kelas X dan materi Struktur Sosial serta Konflik Sosial bagi kelas XI IPS, hingga program evaluasi (ulangan harian). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan yaitu pada siswa kelas X 1, X 2, X 5, X 6 dan XI IPS 1. Praktik Pengalaman Lapangan yang berupa kegiatan belajar mengajar dilaksanakan sebanyak 22 kali pertemuan. Kegiatan PPL yaitu berupa kegiatan pembelajaran di kelas sampai dengan penilaian kemampuan pengetahuan peserta didik atau evaluasi. Media yang digunakan dalam kelas di antaranya Power Point, papan tulis, spidol, dan perangkat permainan serta LKS. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang digunakan diskusi, ceramah, dan permainan dengan menggunakan media pembelajaran sederhana seperti analisis film pembelajaran dan sosio drama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi, kegiatan belajar mengajar, evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 May 2016 07:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32997

Actions (login required)

View Item View Item