LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Lokasi: MTs NEGERI YOGYAKARTA 1

Umu Ainia, Umu Ainia (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Lokasi: MTs NEGERI YOGYAKARTA 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
UMU AINIA - PEND. BAHASA INGGRIS.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas pendidikan yang fungsi utamanya yaitu menghasilkan lulusan calon guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadikan lulusan sebagai tenaga pendidikan yang professional. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidikan yang professional. Program PPL dilaksanakan di MTs Negeri Yogyakarta 1 pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Adapun PPL yang dilakukan di MTs Negeri Yogyakarta 1 adalah kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai program utama. Program utama individu praktikan adalah membuat perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Praktikan mengampu pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII A, B, C dengan total pertemuan sebanyak 12 kali. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode scientific sebagai metode dalam kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif melalui kegiatan pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi (presentasi). Pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik MTs Negeri Yogyakarta 1.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 May 2016 06:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32993

Actions (login required)

View Item View Item