LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MAN YOGAYAKARTA II Jl. K.H.A.Dahlan No. 130 Yogyakarta 10 Agustus-12 September 2015

Prasetyo Septian Handoko, Prasetyo Septian Handoko (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MAN YOGAYAKARTA II Jl. K.H.A.Dahlan No. 130 Yogyakarta 10 Agustus-12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Cover daftar isi abstrak.doc

Download (636kB)
[img] Text
bab 123.doc

Download (122kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di MAN Yogyakarta II telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 28 mahasiswa dari 9 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, pendidikan Biologi, Pendidikan bahasa Jerman, Pendidikan Ekonomi , Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015, dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan di kelas XI IPS 1, 2, 3, XI MIPA 1,2,3, XI IIK, dan XI IBB. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat penguasaan kelas dan menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 May 2016 06:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32988

Actions (login required)

View Item View Item