Epi Kurniasari, Epi Kurniasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 SMA N 7 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
EPI KURNIASARI_12104241007_BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan keterampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Layanan BK dapat diberikan kepada siswa secara maksimal karena BK memiliki jam masuk kelas yaitu 1 kali dalam 1 minggu untuk setiap kelasnya.Layanan yang diberikan oleh praktikan selama PPL adalah adminitrasi BK, 25 kali layanan bimbingan klasikal, 3 kali layanan konseling individual, 2 kali layanan bimbingan kelompok dan 1 kali layanan konseling kelompok, serta pembuatan papan bimbingan dengan tema persahabatan. Selain layanan BK, praktikan melaksanakan praktik persekolahan seperti pengadministrasian data siswa dan membantu persiapan untuk lomba sekolah sehat. Praktikan tidak mengalami hambatan yang sulit, sedikit hambatan dirasa oleh praktikan pada saat awal pertemuan dikelas, praktikan mengalami sedikit canggung untuk tampil dikelas, namun setelah masuk untuk kedua, ketiga dan seterusnya praktikan sudah mampu mengendalikan kondisi kelas. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk mengoptimlakan perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam menangani berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program bimbingan dan konseling, dan memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam seting sekolah sehingga menghasilkan input dan output yang handal.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 May 2016 06:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |