LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA II Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 130 Yogyakarta

Akhmad Sopanudin, Akhmad Sopanudin (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA II Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 130 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I Insyaallah Fix(1).pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Abstrak .docx

Download (50kB)

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun akademik 2014/2015 dilaksanakan di beberapa sekolah di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Salah satu sekolah yang dipilih oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai tempat PPL adalah MAN Yogyakarta II. Kegiatan (PPL) yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 ini secara umum bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan secara faktual bagi Mahasiswa dalam mempraktekan teori dan keterampilan yang sudah diperoleh di perkuliahan. Program Kerja yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan siswa di MAN Yogyakarta II. Adapun metode yang dilakukan dalam perancangan program kerja dari Prodi Pendidikan Sosiologi di antaranya dengan obsevasi, wawancara baik dengan guru dan siswa, dan melakukan evaluasi pembelajaran dengan mengadakan ulangan harian dengan tujuan mengetahui kemampuan para siswa dalam menyerap dan mengamalkan materi pelajaran yang disampaikan oleh Mahasiswa PPL. Adapun dalam pelaksanaan program kerja dari Prodi Pendidikan Sosiologi yang dilakukan dalam kegiatan PPL ini meliputi: para siswa melakukan pengamatan atau observasi pada lingkungan masyarakat sekitar, para siswa melakukan diskusi antar kelompok, dan para siswa meriview sebuah film edukatif berkaitan dengan fenomena sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di MAN Yogyakarta II ini lebih memfokuskan pada siswa-siswi kelas X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, dan kelas X IKK. Secara umum hasil yang dicapai sudah cukup baik dan program kerja yang telah ditetapkan di awal berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dari antusiasnya siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas. Meskipun demikian tidak dipungkiri bahwa masih ada kekurangan dalam pelaksanaanya. Namun kekurangan itu cukuplah menjadi pelajaran dan perbaikan ke depanya dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas, ketika memang nantinya benar-benar terjun di suatu lembaga pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: MAN Yogyakarta II, PPL 2015, Program Kerja, KBM.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 May 2016 06:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32968

Actions (login required)

View Item View Item