PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KOMPONEN DAN PENAFSIRAN GAMBAR KERJA INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Mahuda, Alhar Zuhri (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KOMPONEN DAN PENAFSIRAN GAMBAR KERJA INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Mahuda Alhar Zuhri 11501241001.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KOMPONEN DAN PENAFSIRAN GAMBAR KERJA INSTALASI PENERANGAN BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Oleh : Mahuda Alhar Zuhri NIM 11501241001 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk : (1) Membuat media pembelajaran interaktif pengenalan komponen dan penafsiran gambar kerja instalasi penerangan bangunan gedung berbasis Macromedia Flash Profesional 8 sebagai media pembelajaran instalasi penerangan listrik pada kelas XI program keahlian teknik tenaga listrik di SMK N 1 Sedayu, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pengenalan komponen dan penafsiran gambar kerja instalasi penerangan bangunan gedung berbasis Macromedia Flash Profesional 8 sebagai media pembelajaran instalasi penerangan listrik pada kelas XI program keahlian teknik tenaga listrik di SMK N 1 Sedayu. Penelitian ini berjenis penelitian R&D dengan model pengembangan water fall. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Sedayu dengan subyek penelitian kelas XI program keahlian teknik tenaga listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan siswa sebagai pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Media pembelajaran pengenalan komponen dan penafsiran gambar kerja instalasi penerangan gedung dinyatakan layak dengan penilaian oleh ahli materi mendapatkan rata-rata skor 3,60 dari skor maksimal 4 masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli media mendapatkan rata-rata skor 3,13 dari skor maksimal 4 masuk dalam kategori layak. Penilaian respon siswa bagian kecil mendapatkan rata-rata skor 3,57 dari skor maksimal 4 masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian respon siswa bagian besar mendapatkan rata-rata skor 3,50 dari skor maksimal 4 masuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2016 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32965

Actions (login required)

View Item View Item