HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PANDAK

Isti, Setyati (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Isti Setiyati 10511244032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan kewirausahaan siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak; (2) Motivasi berwirausaha siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak; dan (3) Hubungan pengetahuan kewirausahaan dengan motivasi berwirausaha siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak. Jenis penelitian ini adalah diskriptif korelasional yang dilakukan di SMK N 1 Pandak pada bulan Februari 2014 – Maret 2015. Populasi penelitian ini kelas XI Teknik Pengolahan Hasil Pertanian di SMK N 1 Pandak yang berjumlah 58. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total, yang diambil dari semua jumlah populasi. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes untuk variabel pengetahuan kewirausahaan dan angket untuk variabel motivasi berwirausaha dengan skala Likert. Uji validitas instrumen dengan korelasi Product Moment dan pengujian validitas isinya dengan uji korelasi antar item. Variabel pengetahuan kewirausahaan yang valid berjumlah 28 item, yang tidak valid 2 item. Variabel motivasi berwirausaha siswa 27 item semua dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Crobach jika, >rtabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif, dengan uji hipotesis menggunakan korelasi non parametris Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan kewirausahaan siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak masuk dalam kategori sangat tinggi sebanyak 35 siswa (60,3%), kategori tinggi sebanyak 23 siswa (39,7%), kategori cukup dan kategori rendah sebanyak 0 siswa (0%). Data tersebut menunjukkan pengetahuan kewirausahaan siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak pada kategori sangat tinggi; (2) Motivasi berwirausaha siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak kategori sangat tinggi sebanyak 35 siswa (60,4%), kategori tinggi sebanyak 18 siswa (31%), kategori cukup sebanyak 5 orang (8,6%) dan kategori rendah sebanyak 0 siswa (0%). Data tersebut menunjukkan motivasi berwirausaha siswa kelas XI di SMK N 1 Pandak pada kategori sangat tinggi. Motivasi berwirausaha siswa faktor instrinsik masuk pada kategori sangat tinggi sebanyak 35 siswa (60,3%). Motivasi berwirausaha siswa faktor ekstrinsik masuk pada kategori sangat tinggi sebanyak 34 siswa (58,6%); (3) Terdapat hubungan antara pengetahuan kewirausahaan (X) dengan motivasi berwirausaha (Y) siswa kelas XI SMK N 1 Pandak. Pengetahuan kewirausahaan menentukan motivasi berwirausaha siswa sebesar 33,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2016 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32963

Actions (login required)

View Item View Item