EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Ibnu, Setyo Nugroho (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ibnu Setyo Nugroho 11501244024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh: Ibnu Setyo Nugroho NIM 11501244024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Negeri 2 Wonosari, 2) mengetahui perbedaan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Negeri 2 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah kuasi experimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Jumlah populasi sebanyak 62 siswa. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 42 siswa. Perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash, sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui ranah kognitif dan angket untuk mengetahui ranah afektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji N-gain, dan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu thitung sebesar 2,818 > ttabel sebesar 2,021 dengan sig.(2-tailed) sebesar 0,007; 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu thitung sebesar 1,129 < ttabel sebesar 2,021 dengan sig.(2-tailed) sebesar 0,265. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, media macromedia flash, dan instalasi penerangan listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2016 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item View Item