Tyas Primawati, Tyas Primawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
TYAS PRIMAWATI (12201241057) PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan bagus dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang berlokasi di SMP Negeri 14 Yogyakarta pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di dua kelas IX yaitu IX A dan IX B. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran di kelas. Kegiatan di luar kelas meliputi piket guru, piket perpustakaan, upacara, dan ekstrakurikuler. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 16 pertemuan. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Selain itu mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing dalam membuat perangkat/ administrasi untuk mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, PPL, dan Praktik mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 19 May 2016 08:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32946 |
Actions (login required)
View Item |