PENINGKATAN KEMAMPUAN SERIASI UKURAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA KELOMPOK A TK AMBAR ASRI GAMPING SLEMAN

Melia Dwi, Widayanti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN SERIASI UKURAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA KELOMPOK A TK AMBAR ASRI GAMPING SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Melia Dwi Widayanti_12111241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada anak Kelompok A di TK Ambar Asri. Seriasi ukuran adalah mengurutkan 2 objek atau lebih berdasarkan ukuran tertentu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian sebanyak 14 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan lembar observasi sebagai instrumen pedoman observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila lebih dari 76% dari jumlah anak mampu melakukan seriasi ukuran sebanyak 5 seriasi dari panjang-pendek atau sebaliknya, besar-kecil atau sebaliknya, dan tebal-tipis atau sebaliknya tanpa bantuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret dengan cara memfasilitasi anak untuk mengeksplor media benda konkret menggunakan kemampuan sensoris (meraba, menyentuh, dan melihat), mencoba (trial and error) melakukan seriasi ukuran menggunakan media benda konkret, memberikan penguatan dengan memberikan reward, dan menjelaskan kembali dengan menyisihkan media benda konkret setelah dibandingkan dengan media benda konkret lainnya pada anak Kelompok A TK Ambar Asri. Hasil observasi Pratindakan menunjukkan bahwa kemampuan seriasi ukuran pada anak mencapai 33,30% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), pada Siklus I meningkat mencapai 71,40% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan kembali meningkat pada Siklus II menjadi 88,10% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Kata kunci: kemampuan seriasi ukuran, media benda konkret, anak Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 May 2016 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32942

Actions (login required)

View Item View Item