PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ABA PENDOWO

Santi, Kusuma Astuti (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ABA PENDOWO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Santi Kusuma Astuti_11111241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo. Fokus penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil belajar membaca permulaan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek penelitian meliputi dua guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas A dengan rentang usia 4-5 tahun yang berjumlah tujuh belas anak. Objek penelitian yakni cara guru menyusun perencanaan, kegiatan pembelajaran membaca permulaan dan cara guru melakukan evaluasi hasil belajar membaca permulaan. Tempat penelitian di kelas A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo menggunakan kurikulum KTSP. Guru tidak memasukkan kegiatan pembelajaran membaca dalam kegiatan rencana harian karena kegiatan pembelajaran membaca permulaan dilakukan secara implisit di akhir kegiatan belajar, (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran membaca permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo dilaksanakan dua kali dalam seminggu pada hari Rabu dan Kamis menggunakan media yakni buku AISM yang terdiri dari lima jilid dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Anak satu persatu belajar membaca dibimbing oleh guru kelas sesuai dengan jilid yang dicapai anak. Guru dan anak duduk saling berhadapan dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Selama membaca, guru menyimak dan memberikan penguatan dalam bentuk membaca ulang jika anak membaca suku kata dengan bunyi yang tidak benar, (3) Guru dalam tahap evaluasi memberikan keterangan dalam bentuk tulisan “lanjut” dan “lagi ya” atau “ulangi” setelah anak selesai membaca buku AISM. Kata Kunci: pembelajaran, membaca permulaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 May 2016 07:53
Last Modified: 30 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32940

Actions (login required)

View Item View Item