LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan No. 61, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta

Ainun Muslimah, Ainun Muslimah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan No. 61, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL AINUN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Program Kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. SMP N 15 Yogyakarta berlokasi di Jalan Tegal Lempuyangan No. 61, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta merupakan sekolah yang berada ditengah-tengah kota Yogyakarta yang memiliki jumlah siswa mencapai 10 kelas untuk masingmasing angkatan. Program PPL di SMP N 15 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2015 dengan praktikan jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum yang dalam pelaksanaan Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) praktikan mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII A-F. Kegiatan Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) di SMP N 15 Yogyakarta praktikan memiliki kegiatan kelompok diantaranya 7K dan pendampingan tadarus. Selain program kelompok praktikan juga memiliki program individu, diantaranya tahap persiapan mengajar seperti pembuatan administrasi guru buku satu dan buku dua. Tahap pelaksanaan kegiatan diantaranya praktik mengajar didalam kelas dengan disertai mengerjakan administrasi guru buku tiga. Sedangkan untuk tahap evaluasi dan tindak lanjut diantaranya kegiatan bimbingan dari guru selama proses praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) di SMP N 15 Yogyakarta. Selama pelaksanaan praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) ada beberapa hambatan yang mengakibatkan proses praktik mengajar di dalam kelas kurang maksimal, diantaranya banyak waktu tersita pada pembuatan buku administrasi guru yang sangat detail, pelaksanaan RPP diawal kurang maksimal disebabkan keterbatasan pemahaman praktikan terhadap kondisi kelas, dan yang terakhir proses input nilai dan analisis hasil UH dengan jumlah 6 kelas membutuhkan waktu lebih, selain itu keterbatasan pengetahuan praktikan terkait pengelolaan dalam merekap nilai. Namun secara keseluruhan hampir semua program terlaksana dengan baik. Keberhasilan program-program praktik Pengalamaan Lapangan (PPL) dapat memberikan manfaat yang sangat besar khususnya bagi praktikan maupun SMP N 15 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalamaan Lapangan (PPL), SMP N 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 07:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32932

Actions (login required)

View Item View Item