Sodiyah, Sodiyah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan Nomor 61, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
01. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
02. HALAMAN JUDUL - ABSTRAK.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I, II, III DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di instansi/lembaga dilaksanakan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kependidikan (in service training). Dengan keterpaduan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pembentukan kompetensi bagi mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri lebih dini untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan-kegiatan PPL dapat melengkapi pemberdayaan diri mahasiswa dalam menuju kompetensi profesionalisme. Dengan kegiatan-kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mampu mengabdikan diri di lingkungan lembaga/satuan pendidikan dengan bermodalkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015 di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Praktikan adalah mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kegiatan praktik mengajar dilakukan oleh praktikan di kelas VII C, VII D, VII G, VII I. Tema materi yang diajarkan pada kelas VII adalah “Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara” dan “Menumbuhkan Kesadaran Berkonstitusi”. Pada kesempatan PPL ini praktikan juga memiliki kesempatan untuk membuat Buku Administrasi Guru 1, Buku Administrasi Guru 2, Buku Administrasi Guru 3, serta berkesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan non mengajar. Selama kegiatan PPL berlangsung terdapat hal-hal positif dan negatif yang didapatkan. Hal-hal positif tersebut diantarannya yaitu praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan dan pelatihan diri untuk bekerja sama dalam kelompok. Sedangkan hal-hal negatifnya adalah kurang optimalnya pelaksanaan program kerja terkait dengan waktu pelaksanaan yang singkat. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, PPKn, SMP Negeri 15 Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 19 May 2016 07:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |