PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK KELOMPOK 5-6 TAHUN DI PAUD KARIMA SALAMA POTROJAYAN

Titin, Nurhidayah (2016) PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK KELOMPOK 5-6 TAHUN DI PAUD KARIMA SALAMA POTROJAYAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI TITIN NUR HIDAYAH 12111241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai lebih mendalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak kelompok 5-6 tahun di PAUD Karima Salama Potrojayan. Penanaman nilai-nilai akhlak hal yang terpenting adalah bagaimana anak-anak mampu menginternalisasikan berbagai nilai-nilai akhlak untuk membentuk pribadi anak yang agamis. Subjek penelitian meliputi 2 guru kelas, 44 anak kelas B dan 1 kepala sekolah, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak kelompok 5-6 tahun di PAUD Karima Salama Potrojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak yang ditanamkan di PAUD Karima Salama terdapat 3 nilai akhlak yaitu akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap lingkungan. proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak dengan pembiasaan dan bercerita. Pembiasaan di PAUD Karima Salama dilaksanakan diawal kegiatan yang ditanamkan ditanamkan berupa sholat dhuha, sholat dhuhur, membaca iqro’, hafalan doa sehari-hari, hafalan hadits, hafalan surat pendek, hafalan asmaul husna, merawat tanaman, saling tolong menolong, member salam dan menajwab salam. Sedangkan dengan bercerita yaitu bercerita tentang baik buruk, pemahaman asmaul husna, malaikat, mengenalkan sifat wajib Allah dan biasanya disebut dengan the best stories of Quran. Faktor pendukung lingkungan (orang tua, sekolah, masyarakat), pendidik yang profesional, media pembelajaran dan sarana prasarana sekolah, serta faktor penghambat yaitu masalah waktu pelaksanaan pembelajaran, kurangnya kesadaran orang tua dalam mengulang kembali pembelajaran di rumah. Kata kunci: Pembelajaran AUD, Pembelajaran Religiousitas anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 May 2016 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item View Item