LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN di SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

Bayu Sukarno Putro, Bayu Sukarno Putro (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN di SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Halaman Pengesahan.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Kata Pengantar_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ISI Laporan_Bab1_2_3.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 9 Yogyakarta, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan proses pembelajaran di kelas sebanyak 4 kali dalam satu kelas yakni kelas 9B, 8C, 8D, 8E serta 8F dan 3 kali pertemuan kelas 8A dan 8B, serta dua kali pertemuan kelas 9A dan 9C. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi informasi, demonstrasi, resiprokal dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain cone, bola dan peralatan modifikasi. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik dan mahasiswa PPL bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan cukup baik melalui beberapa solusi. Selain itu terdapat juga permasalahan klasik dalam penjas yaitu minimnya sarana prasarana yang diatasi dengan membuat peralatan yang dimodifikasi. Tidak hanya kegiatan mengajar, praktikan juga menjalankan tugas non mengajar atau praktik persekolahan seperti menyusun administrasi guru. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SMP N 9 Yogyakarta, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32915

Actions (login required)

View Item View Item